BPKAD Kota Kendari

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS GEOGRAFIS INFORMATION SYSTEM

Pesatnya pembangunan yang terjadi di lingkup pemerintah daerah menjadi keharusan yang tak terpisahkan bagi setiap pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kota Kendari untuk memenuhi ketersediaan data dan informasi wilayah yang akurat, komprehensif dan dapat dipercaya. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kendari secara Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) mempunyai tanggungjawab yang cukup besar salah satunya meliputi tugas Penatausahaan Aset, dimana BPKAD harus mampu melakukan Pelayanan serta Manajemen terhadap Aset Daerah serta mampu memberikan Pelayanan Informasi Baik untuk keperluan Stockholder antar Pemerintah maupun untuk keperluan informasi bagi Masyarakat.

BPKAD selaku SKPD yang diserahkan fungsi Penatausahaan Aset memperoleh hambatan dan permasalahan akibat adanya keterbatasan kemampuan dalam manajemen Aset Daerah berdasarkan jenis Data atau instrumen kerja yang ada saat ini, permasalahan tersebut antara lain :

1. FUNGSI PENGAWASAN, yaitu Sulitnya mengetahui kondisi aktual secara Visual mengenai Aset/Barang Milik Daerah.

2. FUNGSI PEMERIKSAAN, yaitu sulitnya menjangkau keseluruhan lokasi aset dengan waktu yang singkat.

3. FUNGSI PELAPORAN, yaitu sulitnya mengidentifikasi jenis dan persebaran lokasi aset daerah dikarenakan format data yang ada hanya menyebutkan lokasi secara tertulis.

4. FUNGSI TRANSPARANSI, yaitu sulitnya memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan maupun letak dan kondisi aset yang mudah di mengerti tanpa menimbulkan permasalahan baru antara masyarakat dan pemerintah khususnya akibat perbedaan cara pandang memahami database yang telah disusun oleh pemerintah.

Berdasarkan Permasalahan yang diakibatkan oleh beberapa keterbasan yang telah tertuang diatas, maka Kami mencoba merumuskan dan mengimplementasikan suatu bentuk Sistem Pengelolaan Manajemen Aset yang dapat mengakomodir dan meminimalkan Hambatan-hambatan yang terjadi saat ini melalui suatu Sistem berbasis Aplikasi WebGis yang kami namai SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS GIS (SIMSETGIS_KENDARI).

Fungsi maupun kemampuan SIMSETGIS_KENDARI ini secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pelayanan Informasi Aset Daerah Kota Kendaari yang bersifat data dan Visual yaitu menampilkan objek secara visual (foto, gambar dan atau Vidio) didalam bentuk laporan Peta Digital berbasis Geografis Information System (GIS)

2. Sebagai Alat Informasi Bagi Stockholder untuk mengetahui Posisi/Lokasi dan Alamat terhadap objek Aset Pemerintah Kota Kendari melalui Peta Digital Persebaran Aset.

3. Sebagai Alat Transparansi dan Sumber Informasi bagi Masyarakat Tentang Aset Daerah yang dapat di lihat melalui media internet berbasis Aplikasi Webside.

4. Sebagai Alat Interktif yaitu bahwa Stockholder maupun Masyarakat Khususnya Kota Kendari dapat berinteraksi dan berkontribusi informasi maupun komentar terhadap Aset Daerah Kota Kendari melalui Fitur/Menu yang tersedia pada Aplikasi ini.